Lifestyle vs Healt

ceritanya lagi waras, nggak murtat seperti biasanya yang jarang nulis artikel kesehatan hehehe. masih sama sih sumbernya dari majalah Olga! tapi ini edisi 120/V, 28 Oktober – 10 November 2010. alasannya sama, isinya mudah dimengerti. saya lebih suka belajar otodidak seperti ini daripada buku yang mengalami overdosis yang tak kunjung saya mengerti isinya. 

 

Posisi tidur

tidur dengan posisi terlentang bisa menyebabkan tulang punggung tertekan, dan bikin kita lebih sering ke toilet.

posisi tidur tengkurap bisa memicu sesak napas.

sedangkan kalo tidur manghadap posisi ke kiri bisa mnehimpit jantung dan mengakibatkan sirkulasi darah terganggu dan menguranggi pasokan darah keotak. kalau hal ini terjadi, bisa menyebabkan mimpi – mimpi sedih atau seram, bahkan bisa juga menyebabkan berjalan dalam keadaan tidur (somnabulisme).

tidur menghadap ke kanan, posisi tidur yang paling baik. posisi ini menjauhkan kita dari arus medan magnet konstan yang mengaliri sekujur tubuh dari kutub magnetik utara menuju selatan dan terhubung ke sistem syaraf kita. untung saya tidur menghadap ke kanan 😀

 

Pola tidur

wanita yang kurang tidur dari 5 jam beresiko 39% terkena penyakit jantung.

yang tidur kurang dari 6 jam beresiko lebih tinggi 18% terkena sumbatan arteri.

yang kebanyakan tidur yaitu lebih dari 9 jam diperkirakan beresiko lebih tinggi 37% terkena penyakit jantung. jadi tidurlah sekitar 8 jam :D.

 

Pembalut wanita

bahan pembuat pembalut sering mengandung dioxin yang merupakan zat yang berbahaya. jadi pastikan gunakan pembalut yang baik, bukan dari kertas daur ulang agar terhindar dari kanker serviks.

 

Hati juga bisa rusak

  1. tidur telalu malam dan bangun terlalu siang, ini merupakan penyebab yang paling utama
  2. kebiasaan nggak buang air kecil pada pagi hari
  3. pola makan yang terlalu berlebihan
  4. nggak pernah sarapan
  5. terlalu banyak mengkonsumsi obat”an
  6. terlalu banyak mengkonsumsi bahan pengawet, zat tambahan, zat pewarna, dan pemanis buatan
  7. mengkonsumsi minyak goreng yang nggak sehat
  8. mengkonsumsi makanan mentah atau masakan yang sangat matang

waduh, rata” kebiasaan saya tuh 😦

 

Killer High Heels

saat memakai high heels, kaki dipaksa dalam kondisi yang nggak normal. apalahi kalau dipakai setiap hari bisa menyebabkan kaki bengkak, cedera otot kaki, nyeri sendi punggung, pengetatan dan pemendekan tendon, retak tulang, sakit pada tulang telapak kaki, tulang punggung menjadi condong ke depan, sampai amsalah yang lebih kompleks seperti disfungsi otak (schizophrenia). begitulah efek negatif dari high heels.

 

Iklan

More To Know HIV – AIDS!!

habis baca majalah ada ulasan tentang HIV-AIDS yang mudah dipahami, jauh lebih gampang dimengerti daripada buku pelajaran yang saya punya, saya saja binggung kalo belajar huehuehue. sumber dari majalah Olga! edisi 122/V, 25 November – 8 Desember 2010.

AIDS

singkatan dari Acquired Immuno Deficiency Syndrome, atau gampangannya sindrom yang menyerang kekebalan tubuh, sehingga tubuh kita gampang terkena penyakit.

Hubungan HIV dengan AIDS

HIV (Human Immunodeficiency Virus) virus yang menyebabkan AIDS berkembang. HIV ini menyerang CD-4 yang berfungsi mencegah terjadinya infeksi. sel ini ada di bagian sel darah putih kita, berakumulasi dalam sekian periode waktu tertentu (5-10 tahun) kemudian menyebabkan penurunan pasti pada jumlah sel CD-4 dan kita akan semakin mudah terserang penyakit-penyakit lain. saat sel CD-4 ini sangat sedikit dan banyak penyakit yang menyerang tubuh kita barulah virus ini berkembang ke stadium berikutnya menjadi AIDS.

Cara virus menular

inti penularannya HIV hanya pada kontak luka dengan penderitanya. virus hanya bisa berkembang di dalam cairan tubuh manusia, terutama darah. bisa juga melalui cairan vagina, sperma ataupun air susu ibu. kalo kita tidak kontak langsung dengan luka, kita tidak akan tertular, karena cairan seperti keringat, air liur, dan air mata virus nggak akan bisa berkembang. jadi bisa saja HIV menular lewat transfusi darah, hubungan sex, pemakaian alat suntik secara bergantian, dan dari ibu yang menyusui anaknya,

Cara mengetahui kita ketularan atau nggak

satu – satunya cara adalah dengan tes darah, dan ini juga nggak hanya bisa dilakukan sekali saja. karena ketika jumlah virus masih terlalu sedikit, virus ini nggak terdeteksi oleh sistem. tes HIV baru akan mendeteksi adanya virus setelah 5-10 tahun virus itu berkembang di tubuh kita.

Tanda – tandanya

ada 4 tahap AIDS berkembang:

  1. tahap1 (window periode): virus mulai menginfeksi tubuh kita, tapi tubuh kita belum membentuk antibody (sistem kekebalan tubuh) terhadap virus ini. badan kita akan tetap terlihat sehat dan tes HIV pun nggak akan mendeteksi jika kita tertular. masa tahapan ini adalah 2 bulan hingga 6 bulan.
  2. tahap 2 (HIV positif dengan gejala): virus sudah mulai berkembang biak dan sudah terbentuk antibody HIV dalam tubuh kita, jadi kalo kita tes sudah akan ketauan kalau kita terinfeksi HIV. nggak ada tanda – tanda pasti dalam periode 5-10 tahun ketika kita sudah positif HIV. namun kita sudah bisa menularkan ke orang lain.
  3. tahap 3 (HIV positif dengan gejala): sistem kekebalan tubuh kita sudah sangat menurun, infeksi – infeksi penyakit seperti diare akan gampang menyerang dan sulit sekali disembuhkan, selain itu akan muncul pembengkakan di kelenjar limfa. dari tahap ini menuju tahap selanjutnya paling hanya sebulan kita bisa bertahan, tergantung kondisi tubuh kita.
  4. tahap 4 (AIDS): stadium terakhir dari infeksi HIV AIDS dimana semua penyakit yang menyerang berakumulasi dalam tubuh dan menyebabkan berbagai kerusakan. alu sudah sampai pada tahap ini untuk berdiri saja susah banget.

Obatnya

virus tidak bisa dimusnahkan, tetapi bisa ditekan laju pertumbuhannya. nama obatnya adalah ARV (anti retro viral), dengan kata lain obat ini bisa memperpanjang usia hidup orang yang mengidap HIV AIDS (ODHA). obat ini harus diminum secara rutin dan tepat waktu, soalnya sifat virus HIV akan menjadi kebal obat ketika kita telat sekali saja minum obatnya.

 

 

Miss Sissy’s Epilepsy

Ini adalah naskah role play kelompok kami kemaren demi memunuhi tugas Bahasa Inggris. Thx to @Fabi_antZ yang dengan gilanya membuat naskah ini. Hasilnya? alhamdulillah dapet predikat good job, i like it, edan, seru, keren, mendalami peran banget, properti paling lengkap dari teman – teman bahkan dosen pun memuji kelompok kami. Singkat cerita, ada cewek yang cantik, modis, blablabla (ehem, yang aku peranin) sedang berbelanja di mall, saking banyaknya belanjaan dan terlalu lelah penyakit “ayan”nya kumat, nah dari sini penjelasan tentang penyakit ini dimulai. Gara” ini saya dapet predikat ayanen, kurang asem emang teman” saya ini. Ok, untuk lebih jelasnya kita simak berikut ini:

 

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4

On the Sunday morning, a girl called Sissy is walking around. She looks confused, not becasuse she’s worried but what boutique she wants to see first. Yeah, she is in a big famous shopping center located in the downtown, Solo Grand Mall.

And what does she look like? Don’t ask…

She is a beatiful, tall, sexy, glamorous, and fashionable as well. Or that was she thought…

She is moving on one famous boutique to another one. She’s interesting some catchy stuffs when she’s walking through the display window of Matahari Department Store.

 

Sissy      : “oh my God, it’s awesome…

                   How much is it?”

SPG        : “it’s Rp 300.000,- and discount 20% off, so it’s about Rp 240.000,-

Don’t worry miss, it’s a hundred percent silk and it’s a handmade. Touch it, it’s so soft and    convenient. Just put it on, and you’re going to love it..”

Sissy      : “really? Is it silk?”

SPG        : “No doubt miss..”

Sissy      : “but it’s too much expensive.

                   Ummm…. what about Rp 100.000,- and I will take it. How’s that?”

SPG        : “don’t you know, it’s a department store, not a night market. You must not bargain here.”

Sissy      : “Of course I didn’t. I was kidding, okay…

    I take it..”

SPG        : “let me, please..”

Sissy      : “can I just use my credit card? I’m not used to paying in cash”

SPG        : “yes miss.”

Sissy      : “oh, I love you more than anything, my precious credit card..”

SPG        : “Here you are. Cashier’s over there. Thank you.”

Sissy      : “oh, okay…”

 

It doesn’t take a long time for sissy to carry a lot off bags on. She buys anything she wants and what she thinks it’s fashionable. She goes to another store, walks through the corridor, buys this and that, even if others thing that “be wiser, just take what you need not what all you want”. But it does not work for a shopaholic. “everything will be alright, just swipe your credit card”, that’s all in her mind.

And of course everything was alright before she gets her disease relapsed..

 

Sissy      : “it’s too heavy. Where are the boys when the girls need some helps??

                   I hate being a single. I wish have a boyfriend..

   Oh my God, I’m so tired. I think I’m getting a little dizzy…”

 

Then suddenly she’s down. She’s convulsive and froth comes out from her mouth. Everyone surrounded is shocked by that incident. They don’t know what to do.

 

A man   : “oh my God, what’s happening??

                   Miss, are you okay? Somebody, help me…”

SPG        : “oh, her convulsions won’t stop.. what should we do??

A man   : “she must be tranced..

                  GO AWAY YOU, GHOST!! GO AWAY EVIL !! GO AWAYY…

                  Someone, call the shaman… we need a paranormal here…”

SPG        : “don’t be ridiculous ! there isn’t such thing!!”

A man   : “so what we’re going to do?

                   While we argue at each other, she is getting worse..”

SPG        : “I don’t know, I am not a paramedic !”

 

Somehow a girl comes through the crowd and offers help.

 

A girl      : “don’t panic, it’s not caused by something supranatural…

                   It’s just a disease called epilepsy. She’s relapse..”

A man   : “really? So what should we do?”

A girl      : “first, don’t move her if it’s not necessary. Just lay her down like this potition (recumbent).

   Loose her tight stuff like belt, collar, shirt and trousers button.

   The most important is keeping her tongue away from bitten.”

SPG        : “How?”

A girl      : &ldq
uo;use an ice cream stick or spoon. Cover its tip using handkerchief

                  Then put it into her mouth like this.”

SPG        : “Just that?”

A girl      : “not just that..

                  Keep her away from hardstool, water, and fire.

  Do not hold her body to stop her convulsions and do not leave her alone..”

A man   : “hey, both of you…

                   I think her convulsions are going to stop. But she’s still unconscious.

                  Hey miss… wake up..”

A girl      : “it will be better if we take her to the hospital so she will get the treatment further more..”

A man   : “okay, I’ll handle it. Help me to take her in my car over there..”

SPG        : “okay,, let me help you..”

A girl      : “just be careful..”

 

Miss Sissy is taken to the nearest hospital. She gets the medical treatment from the doctor on emergency department. Not take a long time for Sissy to be conscious. And fortunatelly, she is not necessary to be hospitalized.

Now she is able to speak with the others.

 

Sissy      : “where am I?”

A girl      : “You are in hospital now. Don’t worry, you got your epilepsy relapsed. Now it’s fine “

Sissy      : “oh, thank you for helping me miss. I can’t imagine if no one was there to help me.”

A girl      : “your welcome. I think the doctor want to see you. Just wait here, I’ll call her.”

Sissy      : “thank you”

….

Doctor  : “hi, how are you?”

Sissy      : “I’m fine.”

Doctor  : “I’ve examined you, and I think it’s just your convulsion. Nothing seems serious.”

Sissy      : “really?? Oh, thanks God.. can I go home doc? Please..”

Doctor  : “sure, but you have to get consultation first about your condition and your treatment.

                   You have to see the nurse over there, okay.”

Sissy      : “okay, thank you doc..”

Doctor  : “your welcome..”

 

Before sissy is permitted to go home, nurses give her some advices. They give health promotions of epilepsy. They are in a consultation room on emergency department.

 

Nurse caroline   : “how are you miss?”

Sissy                      : “I’m better, ma’am. Much, much better..”

Nurse caroline   : “glad to hear  that you are fine.

                                   How often does it strike miss? Is it rare or often?

   And how long does it take?”

Sissy                      : “i do not know..

                                   I think it’s often recently. I got this since i was 17..”

Nurse caroline   : “it is called epilepsy miss.”

Sissy                      : “oh my God… I don’t know that…

                                   Is it dangerous and cause a death? Will I die in my young age?”

Nurse caroline   : “of course not…

                                   Don’t be affraid miss, It won’t kill you.

Epilepsy is the term applied to an excessive, inappropriate but self limiting,   electrical discharge from a mass of nerve cells, which results in the patient having an episodic disturbance of consciousness, or movement or sensation.”

Sissy                      : “oh, okay..

                                    How can it be?”

Nurse caroline   : “it’s caused by a scar following birth injury, Cerebral tumor, Stroke, Drug and

   alcohol misuse, Trauma later in life, and Genetic miss.”

Sissy                      : “yeah, I remembered just now..

   my Mom told me that she has the same signs and symptoms like I do.

             &nbs
p;                 
   I think it’s epilepsy too. So it’s a genetic, right?”

Nurse caroline   : “yes mis..

                                   Do you know the way to prevent it?”

Sissy                      : “No.. would you mind telling me please?”

Nurse caroline   : “first of all, you have to manage your stress miss.

   Stress can be the major precipitation of epilepsy strike. Don’t consume alcohol.

   do not smoke and take a rest enough miss.”

Sissy                      : “i don’t smoke, neither consume alcohol. I think it might because of stress”

Nurse caroline   : “you should not go all alone miss. if it strikes again, there must be someone

   who knows the first treatment so he or she may help you as soon as possible.

  Like the girl helped you. She knows the management of epilepsy very well.”

Sissy                      : “yes ma’am…”

Nurse caroline   : “and don’t forget to take your medicine regularly miss. This one is anti-epiletic drug

                                   AED does not cure epilepsy, but they do prevent seizures from occurring.

   Side effects are common when starting treatment with AEDs and include nausea,

   abdominal pain, drowsiness, dizziness, irritability, and mood changes.

                                   You must take this twice a day. Remember, take it regularly, okay..”

Sissy                      : “okay, thank you for your information. It’s helpful..”

Nurse Caroline  : “do you get the picture of epilepsy? are there any questions?”

Sissy                      : “yeah, about the side effects. How long does it take?”

Nurse caroline   : “For some people, the side effects will pass within a few days,

   whereas for others, the effects may persist for many months

                                   don’t be affraid, okay.”

Sissy                      : “thank you so much..”

Nurse caroline   : “okay, i think that’s all. If there are still more questions or you want to see the

                                   specialist to check up, please contact us.

                                   Thank you for your attention miss. Take care.”

Sissy                      : “your welcome. Bye then..”

Nurse caroline   : “bye..”

 

Then miss sissy is going back home. She knows everything about her disease now. And we think, she would never be alone anymore even just for a window shopping, ever.

 

 

***THE END***

Ketedun

Tadi abah baru aja tanya apakah dia kena hernia ato tidak?

yah aku bilang aja periksa ke dokter untuk lebih jelasnya, soalnya aku juga tidak berani langsung mendiagnosiskan.

Sampe – sampe beliau beli korset untuk menyangganya. Hahahaha jadi ngakak

kata temenku hernia ato ketedun itu adalah jaringan peritonial yang jebol karena tidak kuat menahan tahanan, biasanya akibat mengejan atau mengangkat beban berat. Karena jebol sehingga jaringan di dalamnya mencotot, biasanya yang mencotot ini adalah usus.

Jaringan peritonial adalah jaringan yang membungkus usus halus, usus besar dan usus – usus lainya 🙂

Hehehe thanx to @MandaNgisingTuru atas jawabannya, maklum saja saya mudah lupa. Saya pinternya kan dari banyak bertanya :p