Fanfiction

Beberapa waktu yang lalu @writingsession mengadakan tema Fanfiction. Pengetahuan saya nihil banget akan genre ini, kemudian ada penjelasan yang singkat, padat dan cukup jelas di @writingsession sendiri dan juga di harrypotterindonesia.com oleh sang moderator @ambudaff.

Fanfiction adalah fiksi yang dibuat oleh penggemar (fans) dengan menggunakan tokoh, latar belakang, situasi dari sebuah cerita yang sudah ada baik dari novel, film, game, dan lain – lain. Jadi kita mengembangkan cerita yang sudah ada berdasarkan imajinasi kita sendiri.

Fanfiction tidak bisa dipakai untuk memperoleh keuntungan materi, jadi tidak bisa dimuat di majalah dan mendapatkan honor, misalnya. Kecuali kalau kita sudah mendapat persetujuan dari pemegang hak cipta dan membayar royaltinya.

Kategori fanfiction:

  1. Canon: bukan yang merk kamera itu loh hehehe, ini untuk kategori yang isi ceritanya tidak menyimpang dari cerita aslinya. Tetapi, karena cerita asli banyak mempunyai “Missing Scene” atau “bolong – bolong”, kita bisa mengisinya.
  2. Fannon: yang ini, tidak menuruti buku aslinya. Dari yang saya tangkap, kita bisa membuat ending atau bagian suatu cerita yang kita tidak puas sesuai keinginan kita sendiri.
  3. Crossover (X-Over): dalam genre ini, kita memasukkan unsur” dari fandom lain ke dalam tulisan atau mix and match. misalnya kita bisa mencampur cerita Harry Potter dengan tokoh anime favorite kita Naruto.

Nah, yang saya binggung mau buat cerita dari novel apa? pengennya sih Twilight, yang awalnya saya tergila – gila sama bukunya harus kecewa sekali dengan filmnya, terlebih yang berperan menjadi Bella.

Mungkin lebih keren dan seru kalo si Bella ini perannya diganti oleh Saya, huehuehuehuehue.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s