We Talk About Books

The_yellow_world

Source: facebook.com

Seharusnya postingan ini di post tanggal 27 Oktober, pas hari Blogger Nasional, gpp deh ya, lebih baik telat daripada tidak sama sekali.

Selamat Hari BloggerπŸ˜€.

Tahun kemaren kita, para BBI-ers juga membuat postingan pada hari Blogger, temanya adalah sejarah kita ngeblog yang kemudian kita ikutkan dalam ajang #BerkatNgeblog. Tulisan saya bisa di intip di Curhat Isi Buku. Kalau tahun kemaren kita bercerita tentang awal mula kita ngeblog, tema kali ini adalah Sejarah Bergabungnya Kita dengan BBI.

Saya menginggat-ngingat kembali kapan tepatnya dan lagi-lagi gagal, emang parah ini memori. Yang pasti pertama kali yang mengajak saya gabung bareng BBI adalah si @anadudunk. Dia nawarin saya buat gabung grup BBI di fb, yang awalnya angotanya baru beberapa, belum terencana dengan jelas dan anggotanya pun hanya di data di salah satu thret di Goodreads, hanya sekedar baru dibicarakan, grupnya belum di publish, hanya dibahas lewat dm dan chat di Gmail *jadi inget sesahnya mau ikut obrolan @anadudunk, @miapras dan @aleetha dulu karena jarang chat*. Kemudian makin banyak, makin banyak book blogger yang bergabung hingga sekarang mencapai 189 book blogger. WOW.

Walau nggak semua bergabung di grup BBI di fb *karena banyak yang lebih menuliskan daripada muncul langsung, ayo pada muncul, hehe* dalam kurun waktu kurang dari dua tahun ini sebuah kemajuan yang sangat pesat. Harapannya sih selain aktif menulis kita juga bisa membicarakannya, walau nggak secara tatap muka karena posisi para blongger tersebar di wilayah Indonesia raya, setidaknya kita nggak cuman pasif aja. Komunitas berkembang, banyak media yang bisa dipake, mulai dari Goodreads, obrolan di twitter, grup fb, sekarang pun kita bisa ngobrol melalui whatsapp (yang kekurangannya tidak bisa memuat anggota lebih dari 30) kita setiap hari membicarakan buku dengan berbagai bumbu cerita, semua disatukan oleh satu kata, kesukaan, kecintaan, passion, Buku.

Bahkan, banyak rencana yang ingin dikembangkan oleh BBI karena dalam berjalannya waktu banyak anggota dan kita tidak puas hanya membaca bersama dan posting bersama, saatnya menata diri, dengan tujuan komunitas ini berkembang lebih baik dan teratur. Struktur organisasi atau penanggung jawab untuk berbagai event sedang digodong, mulai dari aksesoris (kaos, pin, pembatas buku), event (IRF, bookfair, gathering, giveaway, posting bareng), keuangan (di mana di akhir tahun BBI berencana mengadakan BBI Berbagi, humas yang tugasnya mencari sponsor, bagian yang mengurusi socmed, web, dan masih banyak lagi. Kita bersama-sama membangun komunitas ini menjadi lebih baik dan diminati banyak orang.

Kesan saya selama menjadi member BBI adalah (mungkin sudah sering saya katakan) saya bertemu dengan orang-orang yang juga mencintai buku, wawasan saya bertambah, banyak blongger yang jenis bacaannya berbeda dengan ‘makanan sehari-hari’ saya, membuat saya sedikit tertarik ketika dia bercerita buku tersebut amazing. Ada pula beberapa anggota BBI yang membuat blog khusus genre favoritnya, sebut saja mbak @fanda_a dengan Fanda Classiclit, @angela_noviana dengan Resensi Harlequin, mbak Maria atau yang lebih dikenal dengan @Hobby_buku bahkan membuat tiga blog untuk genre classic, fantasy dan thriller. Masih banyak lagi blogger yang membuat blog khusus bacaan favorid mereka, kadang bisa kebaca juga dengan berbagai macam postingan kalau mereka lebih dominan baca apa. Kalau saya, terinspirasi dari mbak fanda, saya membuat blog khusus Romance, salah satu genre buku yang sering saya baca di Kubikel Romance dan untuk blog ini sendiri lebih saya khususkan ke omnigenre. Untuk mengetahui semua member BBI, bisa dilihat data blognya di Goodreads. Sedangkan untuk mengatahui update postingannya bisa dilihat di Blogger Buku Indonesia atau bisa kita ikuti kicauannya di @BBI_2011.

Salah satu moment yang ditunggu adalah Kodar (Kopi Darat) atau gathering. Rasanya nggak puas kalau hanya bertatap di layar komputer atau gadget saja. Bila ada kesempatan ke kota atau daerah salah satu anggota BBI bermukim, ayo kita ketemuan! Sejauh ini yang paling sering ketemu adalah dengan BBI Solo karena tiga bulan sekali kita rutin kopdar untuk Goodreads Solo yang mana anggotanya sebagian besar para BBI-ers juga (ada mbak Ratih, Dani, Alvina, Bzee). Kemudian nggak jauh dari kota Solo, para BBI-ers Jogja bertandang dan ngajak ketemuan, ada Oky dan Bang Dion, terhitung udah dua kali (iya deh, kapan-kapan kita yang gantian maen ke Jogja :p). Beberapa waktu yang lalu sang peri buku kita, mbak Truly waktu ada tugas ke Solo pun  kita sempatkan untuk bertemu di rumahnya salah satu penulis yang bermukim di Solo, mbak Sanie B Kuncoro yang dihadiri juga oleh mas Yudhi Herwibowo, penulis yang terkenal dengan genre hisficnya. Sayangnya BBI Jogja yang bisa hadir hanya Bang Dion saja, Oky terpaksa absen karena ada kepentingan. Oh ya, sekarang mbak Desty juga bermukim sementara di Jogja, semoga kita kapan-kapan bisa ketemu ya mbakπŸ˜€.

Berikut kumpulan fotonyaπŸ˜€

Bbi7BbiBbi1Bbi2Bbi3Bbi4Bbi5Bbi6

Saya berharap suatu waktu bisa ketemu dengan para BBI-ers yang laen, pengen sekali datang ke IRF di mana kita juga berencana membuat stand khusus BBI dan tentu saja akan banyak anggota BBI yang datang.

We talk about books, moreeee about books.

Keep writing, keep reviewing and keep reading.

 

Xoxo

@peri_hutan

14 thoughts on “We Talk About Books

  1. Kayaknya seru tuh kopdar Aku blm pernah kopdar sm anggota BBI manapun. Mudah2an jadi deh pas IRF. Kamu gak sekalian ke jakarta, lis?Btw liat dari foto2nya rata2 kutubuku itu pake kacamata yaaa :))

  2. blog-nya sulis jadi panduan buat nyari buku romance. ..dan ohya, Sulis orang pertama di BBI yang mau minjamin bukunya ke aku… Terima kasih, Sulis. Kita harus ketemu.πŸ˜€

  3. Wah sayang ya pas dulu aku ke Jogja gak bisa ketemu kamu, Alvina, & Bzee… semoga kapan-kapan kita bisa ketemuan ya Lis!Aku juga berharap dengan ada struktur organisasi BBI, kegiatan komunitasnya bisa lebih teratur…walo aku gak bisa bantu dlm organisasinya sih, udah cukup (sok)sibuk!πŸ˜€

  4. Iya jadi pengen kopdar-an lagi, klo saling ketemu pasti ngomongnya soal buku melulu ya haha, mbak Sulis di Solo ya, dekat dgn Sby donk, nanti kapan-kapan Sby ketemuan sama Solo-Jogja ya.

  5. Ini postingan paling inspiratif menurutku.. soalnya aku juga pengen ngajak 189 blogger buku terdaftar itu untuk ikut aktif juga di grup BBI. Biar makin akrab dan saling mendekatkan yg jauh..Mba Sulis, maaf ya itu pinjaman bukunya masih ketimbun di aku oTLAyo-ayo BBIers Solo-Jogja kopdar sama Sby (yg deket dulu) hehe.

  6. Sebelum gabung dengan BBI, aku udah jauh-jauh hari follow blog ini lho! dan jadi salah satu referensi untuk menjadi bahan bacaanπŸ˜€ btw, sejauh ini aku blum pernah kopdar ma BBI-ers, moga kelak bisa ketemuan dan foto-foto bareng

  7. makasih teman-teman semoga suatu waktu kita bisa ketemu yah :)pengen banget ke IRF tapi tahun ini ak belum dapet cuti, hiks. doakan semoga tahun berikutnya ak bisa menghadiri pergelatan akbar itu, amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s