Zero Moment – Titik Nol (The Joshua Files #3)

zero_moment.jpg.scaled500

Penulis: M.G. Harris

Penerjemah: Nina Andiana

Cover: Martin Dima

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

ISBN: 978-979-22-7688-6

Cetakan pertama, Oktober 2011

357 halaman

 

“Ini belum selesai.” Itulah kata-kata terakhir ayah Josh sebelum tewas di gunung bersalju. Tapi bagi Josh, semuanya sudah berakhir. Ia sudah menemukan Codex Ix—buku kuno bangsa Maya yang memuat cara menyelamatkan umat manusia dari supergelombang galaksi pada tahun 2012. Ia juga berhasil mendapatkan Gelang Itzamna—alat yang semestinya berfungsi sebagai mesin waktu.

Jadi Josh berusaha menjalani kehidupan normal. Tetapi sepertinya bahaya memang tak pernah meninggalkan Josh. Ketika berada di Brasil untuk mengikuti kejuaraan capoeira, Josh sadar musuh-musuhnya masih terus membuntuti. Dan kali ini, mereka juga mengancam keselamatan ibu serta teman-temannya.

Josh harus bertindak, dan mungkin saja ini akan menjadi titik nol baginya, awal baru dalam petualangannya mencari kebenaran.

Josh kembali ke rutinitas normalnya, seorang remaja yang sekarang berusia lima belas tahun dan sebentar lagi mengikuti kejuaraan dunia capoeira, membuat dia semakin dewasa. Hubungannya dengan Ixchel pun semakin akrab, mereka melakukan chat rahasia untuk membicarakan Kau Tahu Apa. Di chat itu, Ixchel memberitahu tentang inskripsi di Adaptor -benda aneh yang di curi Simon Madison yang kemudian mereka temukan di tangan Sekte Huracan dalam ruangan aneh di bawah piramida Becan- sandi inskripsinya telah berhasil dipecahkan oleh Lorena, kepala ilmuan di Ek Naab. Ixchel berkata kalau Gelang Itzamna yang sekarang di tangan Josh membutuhkan kunci kristal. Josh membutuhkan kunci kristal Josh ingin mencoba kekuatan Gelang Itzamna, Josh ingin menyelamatkan ayahnya.

Sewaktu tiba di Brasil untuk mengikuti pertandingan capoiera, Josh kedatangan tamu, Montoyo, Benicio dan Ixchel. Bukannya menambah semangat, Josh malah merasakan kemarahan dan kecemburuan. Dia tidak suka Montoyo dekat dengan Mum, dan dia merasa cemburu ketika Ixchel sangat dekat dengan sepupunya. Josh mulai menyadari perasaan dia pada Ixchel.

Masalah mulai muncul, Josh mendapatkan kode baru di buku John Lloyd Stepens, ada Buggy yang mengejar Buggy yang ditumpangi Mum, Ixchel dan Tyler yang seharusnya ditumpangi dirinya bukannya Ixchel, karena Josh marah pada Ixchel. Mereka diculik, dan mereka mengingginkan Josh sebagai gantinya.

Hal-hal aneh terjadi lagi seperti di buku kedua -di gua ketika Josh dan Ixchel terjebak dan mereka bermimpi menjadi sepasang bangsa Maya- Josh mendapatkan pesan dari kakaknya, Camila yang sudah meninggal, menyuruh Josh untuk berkunjung ke makamnya. Mengajak Josh ke sebuah tempat dan menyuruh menghafal sebuah nomer. Petunjuk menemukan Mum dan Ixchel diculik.

Bersama Benicio dan Tyler yang selamat dan masih terluka, mereka mencoba menemukan keberadaan Mum dan Ixchel. Kali ini musuh Josh semakin kuat, Gaspar, salah satu anggota sekte Hurakan membuat Josh kewalahan, bahkan dia bisa menangkis dengan mudah jurus capoieranya. Dengan senjata yang Josh dan Tyler curi dari laboratorium Lorena, mereka berhasil menyelamatkan Mum, sayangnya Ixchel tertahan dan Josh menyerahkan diri. Sekte Hurakan sekarang lebih tertarik dengan Josh daripada Codex Ix, mereka ingin melakukan eksperimen pada tubuh Josh, merubah susunan DNA-nya.

Book trailer:

Masih seru!

Masih sama, di awal saya merasa sedikit bosan tapi begitu memasuki bagian tengah kebelakang membuat saya ngos-ngosan, mungkin itu cara penulis menyihir saya. Di buku ini tidak banyak teka teki seperti dibuku kedua tapi lebih banyak menguak teka teki di buku sebelumnya. Teka tekinya hanya kode baru pada Adaptor, hantu Camila dan cara membuat kunci gelang Itzamna, selebihnya adalah kejar-kejaran! Di mana Josh mencoba menyelamatkan Mum dan Ixchel, berhasil dan mereka gantian dikejar sama Sekte Huracan. Simon Madison makin dendam sama Josh karena dia berhasil lari terus. Bahkan pengejaran sampai ke Swiss. Sekte Hurakan tidak kenal lelah memburu Josh. Tapi Josh sekarang juga cerdik, dengan Gelang Itzamna ditangannya dan mengetahui cara kerjanya, dia ingin mengembalikan waktu, ingin membuat ayahnya hidup kembali. Oh ya, keberadaan Sekte Hurakan juga semakin jelas, pertanyaan terbesar saya tentang mereka adalah apa yang mereka inginkan dan lakukan pada tubuh Josh? Mungkin jawabannya ada di buku Dark Paralel.
Pengen baca buku yang penuh ketegangan? Baca buku ini!🙂

 

3.5 sayap untuk Sekte Huracan.

 

NB:

Misteri Bangsa Maya Mengenai Tahun 2012

Sebagian pembaca The Joshua Files bertanya apakah ada kebenaran dalam “ramalan 2012” yang muncul di petualangan Josh Gracia ini.

Faktanya, tanggal terakhir dalam kalender Maya memang benar-benar 22 Desember 2012.

Tetapi, jangan khawatir -detail lain mengenai tahun 2012 dalam The Joshua Files ada yang fiktif, disadarkan pada beberapa teori yang lebih bersifat menghibur mengenai apa yang akan terjadi pada tahun itu. Tidak ada bukti bahwa memang akan terjadi bahaya besar pada tanggal itu.

Fakta atau fiktif?

Fakta:

  • Peradaban Maya kuno dulu berkembang di negara-negara yang kini kita kenal dengan nama Mexico, Guatemala, Honduras, dan Belize.
  • Antara tahun 500 dan 900 Masehi, peradaban ini mengalami “zaman keemasan” yang ditandai dengan pembangunan kota dan budaya menulis.
  • Ahli-ahli astronomi bangsa Maya melakukan observasi  yang luar biasa akurat dan menggunakan Kalender Panjang mereka untuk merayakan kejadian-kejadian historis dan astronomis.
  • Sama seperti kalender Gregorian dan Julian, yang dimulai pada tanggal yang dianggap merupakan hari kelahiran Yesus dari Nazaret, Kalender Panjang (Haab) juga memiliki tanggal awal.
  • Tetapi, tidak seperti kalender-kalender tadi, Haab juga memiliki tanggal akhir.
  • Tanggal awal Haab adalah 11 Agustus 3114 SM.
  • Tanggal akhir Haab adalah tiga belas baktun berikutnya -yang berarti tanggal 22 (atau 21) Desember 2012.

Jika tanggal awal kalender memperingati kejadian paling penting yang bisa diingat suatu masyarakat, kira-kira peringatan apa yang mungkin ditandai oleh tanggal akhirnya?

Fiktif:

  • Codex Ix dari Buku-Buku Itzamna adalah fiktif.
  • Petualangan Josh Gracia terjadi di dunia fiksi, tempat ancaman 2012 memang ada.

Apa yang ditulis bangsa Maya kuno mengenai tahun 2012:

Hampir tidak ada. Sangat mengejutkan bukan? Jika mereka memang percaya bahwa tanggal itu merupakan akhir dunia, kau pasti menduga tanggal itu merupakan akhir dunia, kau pasti menduga tanggal itu akan sering disebut-sebut. Tetapi, dalam buku-buku Maya dan inskipsi di kuil yang berhasil selamat, hanya ada SATU yang menunjuk pada tanggal 13 Baktun -22 Desember 2012. Inskipsi itu dikenal dengan nama monumen 6 Tortuguera.

Seperti yang bisa kalian lihat, sama sekali tidak jelas apakah sebenarnya “ramalan 2012” itu, dan apa artinya. Berarti kita bisa menggunakan imajinasi masing-masing. Sebagian besar yang akan kalian dengar soal 2012 memang hanya itu -imajinasi murni.

Jik kalian ingin tahu lebih banyak soal bangsa Maya atau misteri-misteri 2012, silahkan kunjungi situs khusus mengenai topik tersebut yang ditulis oleh M.G. Harris di www.mayan2012kids.com (Sumber: Gramedia).

http://www.joshuafiles.co.uk/

3 thoughts on “Zero Moment – Titik Nol (The Joshua Files #3)

  1. Ping-balik: Invisible City – Kota Yang Hilang (The Joshua Files #1) | Kutu Bokek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s