Curhat Isi Buku

ehmmm sebelum memulai #berkatngeblog atau sejarah awal mula saya ngeblog (ceileh) mau mengucapkan Selamat Hari Blogger Nasional yang biasa kita peringati pada tanggal 27 Oktober, ya hari ini :))

Tumblr_ltfns5rten1qzdiqvo1_500

Source: Flickr / melkbutt

Sejarah Ngeblog

Agak nggak pantas juga sih kalo dibilang sejarah, haha, karena saya bukan sejarahwati. Mungkin lebih tepatnya kapan saya mulai ngeblog kali ya? Nggak hapal juga tanggal lahirnya, dulu sih cuman coba-coba buat, nyoba situs ini situs itulah, bahkan ada yang nggak mudeng cara kerjanya sampe sekarang, hehe. Setelah memilah-milah, saya lebih aktif di kutubokek ini dan mabok baca. Seperti sudah menemukan dambaan hati lah =)).

Awalnya blog ini saya buat cuman iseng, terispirasi dari penulis favorit saya yang menulis khusus di blog yang dia buat untuk apa yang dia suka. Ikut-ikutlah saya. Menulis tentang musik, film, kesehatan, cerhat-curhat nggak penting, writingsession, dan yang terakhir review buku. Untuk yang terakhir itu awalnya saya sempet bingung, gimana caranya ya? Jujur saya bukan penulis review yang aktif, saya lebih suka membaca maraton, dalam artian selesai baca satu buku berlanjut ke buku berikutnya. Nglirik Goodreads sebentar untuk memasukkan buku yang sudah pernah saya baca, kalau sempet memberi komentar singkat tentang buku yang barusan saya baca itu. Kerap sekali saya mencari info tentang buku yang ingin saya baca atau yang mau saya beli, tapi tidak banyak yang menulis lengkap tentang isi buku tersebut. Bukan dalam artian mengingginkan spoiler, saya ingin tahu isi ceritanya tentang apa, apa sih keunggulan dan kelemahan menurut orang yang sudah membacanya terlebih dahulu, kadang sinopsis belakang sampul buku itu mengecoh, tentu tidak mau membeli kucing dalam karung dong.

Nah, kemudian suatu hari yang cerah (jiahhh), tidak sengaja di twitter saya berkenalan dengan orang-orang yang suka mereview buku (banyak sekaliiii, coba intin blog mereka di bagian sidebar sebelah kiri :D). Mereka mempunyai blog buku masing-masing. Kemudian ada beberapa teman yang menyarankan untuk menjadikan “rumah” saya ini sebagai book blogger. Agak ragu-ragu sih, soalnya ide awal membuat blog ini adalah tentang apa yang saya suka dan kalo buku saja nanti nggak banyak yang minat dong. Ternyata saya salah, blog buku kerap sekali menjadi acuan orang untuk “membeli kucing dengan mata telanjang,” wah berarti itu yang saya cari-cari bukan? Saya penggemar berat romace, fantasy dan young adult, nyrempet-nyrempet genre itu lah. Saya sering kesusahan untuk mencari review buku yang saya inginkan, kemudian saya memikirkan tawaran teman-teman dan kenapa saya tidak membuat blog buku sendiri yang sering saya cari-cari itu? Bingung karena nggak terbiasa mereview, saya belajar dari mereka yang sudah ahli (Hei Blogger Buku Indonesia :D), intinya sering-sering blogwalking untuk memberi gambaran gimana sih caranya ngereview? Pengen yang paling mudah? Jadi diri sendiri. Ya, dengan menuliskan apa perasaan sewaktu membaca, apa yang kamu dapatkan, apa yang kamu suka, apa yang tidak kamu ‘sreg,’ apa pun yang ingin kamu bagi, tuliskan, curhatkan, itu saja intinya. Walaupun saya belum rajin nulis review, karna penyakit lama itu tadi, selesai satu buku lari ke buku lainnya, penyakit malas yang sampe sekarang nggak ada obatnya dan rata-rata kalo membuat review itu saya agak lama nulisnya, mulai dari mana nih enaknya? Hehehe. Karena masih baru, dinikmati sajalah, toh lama-lama nanti juga terbiasa. Oh ya, bagi saya mereview itu sama dengan pengingat, ya, saya sering banget lupa sama buku yang sudah lama tidak saya baca, jadi saya berusaha untuk rajin, hehehe.

Tumblr_lti3syo8jp1r4jfmjo1_400

Source: photostakenelsewhere

#BerkatNgeblog

  1. saya ‘bertemu’ dengan orang-orang yang mempunyai hobi yang sama
  2. wawasan tentang berbagai genre buku bertambah (terlebih klasik ;p)
  3. setiap bulan sekali mereview buku yang dibaca bareng (Hello @BBI_2011)
  4. sering mendapat buntelan, swap buku, atau saling pinjam buku
  5. seperti ada alarm yang menginggatkan saya untuk terus menulis, mereview buku-buku yang jarang di’sentuh’ orang lain
  6. dan masih banyak lagi sampe bingung saya memikirkan dan mau menulisnya 🙂

Hal yang belum kesampaian untuk saat ini adalah bertemu langsung dengan mereka para blogger buku 😀

Mungkin itu saja curhatan saya tentang blogger buku dan hari blogger, agak telat sih karena seharusnya jam sembilan pagi tadi posting bareng bersama @BBI_2011

keep writing, keep reviewing and keep reading

xoxo

Iklan

6 thoughts on “Curhat Isi Buku

  1. yang belum kesampaian adalah bertemu langsung….ayo sul makanya main ke jakarta yuk yuk kita ketemuaaaan =D sambil tuker2an buku hihihi!

  2. sekarang salah satu doronganku buat terus membaca dan meripiu ya para BBI-ers, ngeliat yang lain pada rajin ripiu, koq rasanya jadi tertantang :))

  3. Waktu pertama kali kenal, aku selalu mengindentikan dirimu dengan buku romance, Lis.Ternyata banyak bacaan kita koq yah yang sama. Contohnya si Bocah Tengil itu. Cari waktu yuk buat ketemuan. XD

  4. @sinta itu juga salah satunya mb, sutikan buat kita agar terus mereview hehehe@aleetha hahaha bales dendam nih ceritanya, selain romance kan ak juga suka fantasy, nah kayaknya kamu juga mengandrungi itu, jadi nggak jauh beda :))ayuk ayuk ke Solo, hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s